Mengatasi pesan error "There was a Problem Sending the Command to the Program"

Pesan error sering kita abaikan apa yang ada di dalamnya. Intinya ada sesuatu yang tidak berjalan dengan benar. Mulailah dari sekarang, kita  ubah hal tersebut. Pahami pesan error-nya, dan perbaiki!

Seperti halnya HDku, pasti kalian pernah "disapa" oleh pesan error "There Was a problem sending the command to the program.", kan? atau pesan error yang lainnya seperti "Windows cannot find the file. Make sure you typed the name correctly, and then try again." atau ada lagi seperti "Cannot find the file (or one of its components). Make sure the path and filename are correct and that all required libraries are available." Pada artikel kali ini, HDku akan membahas dan mencoba memberikan solusi terkait problem tersebut.

There was a Problem Sending the Command to the Program


Apa penyebabnya?
Sebenarnya mungkin tidak terlalu menarik apa penyebabnya, tetapi setidaknya kita tahu asal muasal atau akar dari permasalahan ini. Masih mau tahu apa penyebabnya? OK, silakan disimak baik-baik (hehe). Siapa tahu nanti malah bisa lebih paham, dan ketika mendapati pesan error yang lain, dapat mengatasi sendiri permasalahan tersebut.

Berdasarkan artikel dari Microsoft KB permasalahan ini terjadi karena sebuah fitur yang disebut Dynamic Data Exchange (DDE). DDE adalah tipe komunikasi protokol yang digunakan oleh Windows untuk membuka sejumlah tipe file (filetypes). Protokol ini untuk mengomunikasika antara sumber dan target program.

Mekanisme DDE tersebut digunakan untuk mencegah terbukanya program (instance-red) ketika program yang sama tengah terbuka/berjalan. Simple-nya, DDE membantu Windows dalam menjaga resources sehingga performa komputer pun tetap stabil.

Tuh, kan mbosenin. Yakin deh kalau banyak yang menguap kalau ini dijadikan materi pelajaran di sekolah. Hoamh.. Tidur dulu ah..

Eh, lanjut yah? Maaf.. hehe..

Solusi Permasalahan 
Bertele-tele banget ya? HDku hanya sekadar berbagi, solusi, juga informasi. Kaya peribahasa gitu deh.. hehe..

Lanjut...

Solusi Pertama
1. Buka salah satu program Microsoft Office (misalnya MS. Excel), kemudian klik File-Excel Options-Advanced.


2. Kemudian scroll ke bawah, beri tanda centang pada "Ignore other applications that use Dynamic Data Exchange (DDE)".
3. Setelah itu, tutup MS. Excel, lalu buka lagi. Masuk lagi ke Excel Options (cara seperti langkah sebelumnya), kemudian hilangkan tanda centang pada "Ignore other applications that use Dynamic Data Exchange (DDE)" tadi, kemudian tutup dan buka lagi MS. Excel.
The problem fixed.

Solusi Kedua
Jika solusi di atas tetap tidak menyelesaikan problem, coba cara berikut. Singkatnya, kita membuat agar tipe file tersebut dibuka dengan program MS. Office, tetapi melalui Open With.
1. Klik kanan pada file office (excel, word, ppt, dll) kemudian pilih "Open With".


2. Jika pada Windows 7 atau sebelumnya, klik pada pilihan Browse. Jika pada Windows 8 atau di atasnya, klik More Options, kemudian klik Look for another app on this PC.
3. Setelah itu, muncul kotak dialog Open With. Di sini, kita masuk ke folder C:\Program Files\Microsoft Office\Office... kemudian pilih file yang berekstensi .exe. WINWORD.EXE untuk MS. Word; EXCEL.EXE untuk MS. Excel; POWERPNT.EXE untuk MS. Powerpoint. kemudian klik Ok.

Pastikan pilihan Always use this application for this file type sudah dicentang.

4. Selesai. Harusnya sudah teratasi problemnya. :D

Solusi Ketiga
Kadang, problem seperti ini muncul karena Run as administrator pada aplikasi tersebut, telah diaktifkan. Dan hal ini seharusnya di-nonaktifkan.

Bagaimana cara menonaktifkannya? Lakukan langkah-langkah berikut.
1. Buka Start Menu (pada Windows 7), atau Start Screen (pada Windows 8 atau yang terbaru) kemudian cari shortcut aplikasi yang bermasalah tersebut (MS. Word, Excel, PowerPoint).
2. Setelah ketemu, klik kanan kemudian pilih Properties.
3. Kemudian muncul sebuah kotak dialog. Pada kotak dialog tersebut, klik Compatibility, kemudian hilangkan tanda centang pada pilihan Run this program as administrator.


4. Klik Ok. Selesai, dan seharusnya ini sudah mengatasi problem di atas.

Solusi Keempat
Atau kalau tidak mau ribet, silakan repair Microsoft Office dengan melakukan langkah-langkah berikut.
1. Buka Control Panel kemudian klik Programs and Features.
2. Klik Microsoft Office, kemudian pilih Change.
3. Setelah itu, klik Repair dan terakhir klik Continue.
Hal ini akan memperbaiki problem tersebut.

Credit: AskVG

34 comments:

  1. terimaski mas brow... sangat membantu

    ReplyDelete
  2. Makasih banget bro, semoga Alloh membales apa yang udah bro buat....

    ReplyDelete
  3. Terimakasih banget,,,cara solusi ke 3 baru bisa di laptop sy

    ReplyDelete
  4. thanks ya, solusi pertama sudah berhasil

    ReplyDelete
  5. Kalau di laptop saya itu loading terus yang tidak bisa cuman word nya saja tidk bisa mohon bantuan.a gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. di laptop saya juga begitu......
      mohon bantuannya juga gan......

      Delete
    2. Loading di bagian mana? Di splash screen atau setelah masuk Word?

      Delete
  6. Gmna buka word nya, toh pas open word udah error,, gimana bisa ikutin langkah2 nya, huuuuh

    ReplyDelete
  7. Gmna buka word nya, toh pas open word udah error,, gimana bisa ikutin langkah2 nya, huuuuh

    ReplyDelete
  8. Mas,, saya tidak bisa mengikuti semua langkah du atas,, toh ketika klik word aja udah error,,gmna saya bisa klik yg lain nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada 4 cara/metode di atas. Sudah mencoba berapa?

      Delete
  9. Mas,, saya tidak bisa mengikuti semua langkah du atas,, toh ketika klik word aja udah error,,gmna saya bisa klik yg lain nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa diinfokan errornya bagaimana?

      Delete
  10. terima kasih...sangat membantu sekali solusinya. Baru coba solusi yg pertama masalah sudah teratasi

    ReplyDelete
  11. terimakasih.... problem solved pada solusi pertama...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Good Day I am so Happy I Found your Website,
    I Found you by Mistake, While I was Searching on Aol for Something else,
    Anyhow I am here now and would Just Like to say many Thanks for a Remarkable Post and
    an all round Entertaining Blog I don’t have Time to read it,
    all at the moment But I have BookMarked it and
    also added in your RSS Feeds,
    So When I have Time I will be Back yo Read More,
    Please Do Keep Up the Fantastic Job. You can also check; excel there was a problem sending the command to the program

    ReplyDelete
  13. Makasih sobb.. Sangat membantu bg kami yang gaptek.. Berkarya terus tetap semangat

    ReplyDelete
  14. trims mas bro atas ilmunya yang bermanfaat, semoga jadi berkah...

    ReplyDelete
  15. Kalo buka programny yg gagal hanya di flasdisk aj kaka gimana

    ReplyDelete
  16. Kalo buka programny yg gagal hanya di flasdisk aj kaka gimana

    ReplyDelete
  17. Kalo buka programny yg gagal hanya di flasdisk aj kaka gimana

    ReplyDelete
  18. terima kasih ,informasinya sangat membantu....sukses selalu

    ReplyDelete
  19. suwun gan, lemah teles, pangeran sing mbales :)

    ReplyDelete