Mengatasi Bluescreen (BSOD) dengan BlueScreenView



Pernah mendapati blue screen pada PC/Laptop Anda?
Bingung bagaimana mengatasinya?
Ini solusi termudah dari HDku.

Sebenarnya blue screen ada kalanya disebabkan karena hardware yang sebelumnya dipasang (install) tidak cocok dengan perangkat (PC, Laptop) kita. Selain hardware, software pun tak luput menjadi sebab dari masalah ini.

Kendala yang sering kita temui adalah belum mengetahui sebab kenapa terjadi blue screen.

BlueScreenView bisa menjadi penolong termudah untuk masalah ini. Software ini akan memindai (scan) semua file minidump yang muncul akibat "blue screen", dan memberikan kita informasi kenapa blue screen terjadi.

Berikut cara penggunaannya.
Buka BlueScreenView
Pilih dump file paling baru dengan melihat pada kolom "Crash Time". Kemudian klik ganda (double click), akan muncul jendela sebagai berikut.
Pada "Caused By Driver" menunjukkan itulah penyebab "blue screen", jadi hal tersebut yang harus diperbaiki. Untuk memperbaikinya, bisa dengan meng-update driver tersebut. Atau jika penyebabnya software yang kompatibel, maka tinggal hapus (uninstall) atau meng-updatenya.
NB: Jika tidak bisa masuk ke windows, masuk ke safemode, yaitu dengan cara pada saat PC/Laptop dinyalakan, tekan berkali-kali tombol F8 pada keyboard (jika windows 7), kemudian muncul beberapa pilihan. Arahkan kursor ke Safe Mode, tekan enter. Setelah masuk safemode, jalankan BlueScreenView dan ikuti langkah seperti di atas.

Bagaimana? Mudah kan?

Unduh BlueScreenView disini.

0 comments:

Post a Comment