Solusi: Saat "ngetik," Kursor Jalan Sendiri pada Windows XP, Vista, dan 7

Banyak dari kita yang suka mengeluh ketika sedang asyik menulis (mengetik-red) di depan laptop, tiba-tiba tanpa disadari kursor sedang lari kesana-kemari sehingga tulisan kita pun acak-acakan. Hal ini tentu sangat mengganggu, baik bagi yang masih latihan, maupun yang sudah bekerja. 

Mengapa kursor tersebut "lari-lari"?

Beberapa alasan mengapa kursor tersebut "berlarian" adalah sebagai berikut.
1. Kerusakan yang terjadi pada hardware, yaitu keyboard
Keyboard yang rusak, biasanya ada yang "seolah-olah" salah satu tombol ditekan dengan tanpa dilepas-lepas. Misalnya ketika sedang menulis, tiba-tiba atau malah langsung muncul huruf H banyak sekali, dan tidak berhenti-berhenti. Atau ketika sedang menulis, seolah-olah seperti salah tombol arah panah pada keyboard ditekan dengan tanpa dilepas-lepas, baik arah atas, bawah, kanan, maupun kiri.

2. Touchpad yang tidak sengaja tersentuh
Sering kali touchpad, atau sering disebut dengan istilah "mouse," yang terdapat pada laptop, tanpa sengaja tersentuh ketika sedang menulis. Alhasil, kursor pun berlarian kesana-kemari tanpa sepengetahuan. 

Nah, sebab ke-dua inilah yang akan HDku berikan solusi untuk mengatasinya.

TourhFreeze

TouchFreeze adalah sebuah software gratis (freeware) yang memiliki fungsi untuk menonaktifkan touchpad pada laptop ketika kita mulai menulis. Setelah touchpad dinonaktifkan, kursor tidak akan berlarian walaupun tidak sengaja tersentuh.

Untuk menggunakannya, silakan install TouchFreeze dan otomatis nanti akan aktif. Ketika TouchFreeze aktif, iconnya akan terlihat di system tray. Sangat mudah digunakan, tanpa perlu mengaturnya. Jika sudah tidak memerlukannya lagi, kita bisa menutupnya dengan cara klik kanan icon TouchFreeze pada system tray, kemudian pilih Exit.



Bagaimana? Mudah kan? Mau mencoba? Silakan download, kemudian install Touchfreeze!

Download TouchFreeze.


Credit: AskVG.

0 comments:

Post a Comment