Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara Mengatasi Windows Printer Error 0x0000011b

Saat bekerja baik di kantor maupun sekolah, akan lebih mudah jika terhubung melalui jaringan yang sama. Hal ini untuk mempermudah sharing data lokal, sehingga tidak memerlukan flashdisk atau perangkat penyimpanan lain. Tetapi hal ini hanya bisa dilakukan jika file-file tersebut tergolong kecil.

Selain sharing data, kita juga bisa sharing printer. Sehingga ketika mencetak dokumen tidak perlu mengirimkan dokumen terlebih dahulu ataupun harus cabut-colok kabel printer ke laptop masing-masing. 

Sangat memudahkan sekali jika semua hal tersebut berjalan semestinya. Namun terkadang ada juga permasalahan-permasalahan teknis yang menghambat. Pada artikel kali ini, HDKu ingin berbagi bagaimana Cara Mengatasi Windows Printer Error 0x0000011b.


Penyebab

Terkadang ada saja registry di Windows yang kita tidak tahu bahwa registry tersebut telah berubah. Nah salah satu penyebabnya adalah karena perubahan registry tersebut.

Cara Mengatasi Windows Printer Error 0x0000011b

Untuk mengatasi error code 0x0000011b terkait dengan shared printer, Microsoft menyarankan untuk men-disable pengaturan print spooler privacy pada perangkat terhubung (PC host untuk printer dan PC Client).

Ketika Registry key dari RpcAuthnLevelPrivacyEnabled bernilai 1, Windows secara otomatis meng-enkripsi komunikasi RPC dengan shared printer dan server printer. Men-disable opsi ini akan mengatasi error code 0x0000011b. Begini caranya:
1. Tekan tombol Windows + R untuk membuka Run.
2. Ketik regedit pada kotak yang muncul lalu tekan Enter.
3. Registry Editor akan terbuka.
4. Pergi ke folder Print Registry key secara manual atau dengan memasukkan path berikut ke kotak alamat pada Registry Editor.
Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Hardware Profiles\Current\System\CurrentControlSet\Control\Print

Membuat registry baru di Windows 11

5.  Klik kanan pada Print dan pilih New --> DWORD-32 bit.

6. Beri nama RpcAuthnLevelPrivacyEnabled.

Membuat RpcAuthnLevelPrivacyEnabled untuk mengatasi Printer error 0x0000011b

7. Dobel klik pada registry RpcAuthnLevelPrivacyEnabled , kemudian Value data isi dengan 0.

8. Restart komputer / laptop.

9. Lakukan juga semua langkah di atas pada komputer / laptop yang digunakan sebagai host printer.


Kesimpulan

Untuk Mengatasi Windows Printer Error 0x0000011b dikarenakan registry yang error bisa dilakukan dengan cara men-disable pengaturan print spooler privacy pada perangkat terhubung (PC host untuk printer dan PC Client).

Posting Komentar

0 Komentar