Menghubungkan Dua Komputer dengan Kabel LAN (Crossover UTP)

Setelah mengerti Keuntungan menggunakan Kabel LAN (Crossover UTP), pada postingan kali ini HDku akan berbagi pengalaman bagaimana menghubungkan dua komputer dengan Kabel LAN (Crossover UTP).

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Sambungkan dua komputer dengan menggunakan Kabel LAN (Crossover UTP).
Hubungkan port yang ada di belakang komputer (atau biasanya di samping pada laptop)

Port LAN.

Kemudian kita beralih ke komputer.
Lakukan pengaturan seperti berikut.

Atur IP Address yang ada di Control Panel - Network and Internet - Network and Sharing Center. Di sini biasanya ada sebuah koneksi yang bernama "Ethernet". Klik saja, kemudian Properties.


Scroll ke bawah, cari Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), kemudian klik Properties.


Klik use the following IP address. Isikan misalnya IP Address: 192.168.1.1, Subnet mask: 255.255.255.0 yang lain biarkan saja. Klik OK.


Lakukan langkah kedua pada komputer yang satu lagi. Bedanya ada pada IP Address. IP Address isi dengan 192.168.1.x. x bisa diganti dengan angka selain 1. Karena 1 sudah dipakai oleh komputer pertama tadi. Jika ada tanda seperti di bawah ini, maka kamu berhasil menyambungkan dua komputer dengan Kabel LAN (Crossover UTP).


Untuk mempermudah, kedua komputer tadi jangan memakai kata sandi (password-red). Sebenarnya boleh ada kata sandi, tapi ketika terhubung dan akan melangsungkan pertukaran file, biasanya dimintai kata sandi.

Atur juga permintaan kata sandi menjadi off di Control Panel - Network and Internet - Network and Sharing Center, pada pojok kiri atas, klik Change advanced sharing settings. Klik tanda panah di sebelah kanan tulisan All Networks. Kemudian scroll ke bawah, pilih Turn off password protection sharing. Klik Save changes. Lakukan pengaturan ini pada kedua komputer. 

Langkah terakhir hanya tinggal share data (folder).
Untuk langkah-langkah share, akan dibahas pada postingan berikutnya.
Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment