Prompt ChatGPT [LENGKAP] Untuk Membuat Modul Ajar Sesuai dengan Target Perilaku di PMM

Prompt Membuat dan Link Download Modul Ajar PAIBP Kelas 3 Kurikulum Merdeka

 Assalamu'alaikum wr.wb.

Bagaimana kabar bapak/ibu guru di sekolah? Semoga sehat selalu.

Pada artikel ini, mari kita belajar dan berkreasi bagaimana cara membuat modul ajar sesuai dengan praktik kinerja di PMM yang sudah kita sepakati sebelumnya dengan kepala sekolah. Ketika bapak/ibu guru akan mengisi jadwal observasi pada Pengelola Kinerja di PMM, tentunya ada modul ajar yang perlu diunggah.

Modul Ajar

Modul Ajar harus sesuai dengan Target Perilaku yang sudah bapak/ibu pilih sebelumnya. Dengan adanya [1 PAKET] Prompt Untuk Membuat Modul Ajar Sesuai dengan Target Perilaku di PMM, bapak/ibu guru akan dipermudah dalam membuat modul ajar tersebut.

Yuk, kita mulai pembahasannya.

Data yang diperlukan

Untuk menggunakan prompt ini, bapak/ibu guru perlu menyiapkan beberapa data agar modul ajarnya lebih detail.
  1. Mengajar: sebagai guru kelas atau guru mapel. Jika guru kelas, sebutkan guru kelas berapa. Jika guru mapel, sebutkan mapel apa yang diampu. Contoh: Guru PAI SD.
  2. Indikator: indikator ini bisa bapak/ibu lihat pada Pengelola Kinerja di PMM pada menu Cek Praktik Kerja. Contoh: Perhatian dan Kepedulian.
  3. Target Perilaku: target perilaku ini bisa bapak/ibu lihat pada Pengelola Kinerja di PMM pada menu Cek Praktik Kerja - Cek Rincian (Tolmbol berwarna biru). Target Perilaku ada pada bagian Target Perilaku Pilihan Guru.
  4. Materi: materi yang akan dibuat modul ajarnya. Misalnya: Pesan Pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
  5. Tujuan Pembelajaran: tujuan pembelajaran pada modul ini. Misalnya: Menjelaskan pesan pokok QS. al-'Alaq ayat 1-5 dengan benar.
  6. Alokasi Waktu: alokasi untuk pertemuan ini. Misalnya: 2x35 menit.

Cara Cek Indikator dalam Pengelola Kinerja di PMM

Cek Praktik Kinerja

Indikator pilihan

Cara Cek Target Perilaku

Cek Rincian
Target Perilaku Pilihan Guru

Prompt

Setelah datanya sudah siap, maka bapak/ibu guru hanya tinggal memasukkan data tersebut ke dalam prompt di bawah ini. Ganti yang dicetak tebal.

Saya adalah Guru PAI SD. Bantu saya membuat Modul Ajar Kurikulum Merdeka kelas 3 dengan indikator: Perhatian dan Kepedulian, dengan target perilaku:
1. Guru menunjukkan pemahaman terhadap kebutuhan, kondisi dan karakteristik peserta didik
2. Guru mengakui dan menghargai usaha yang ditunjukkan peserta didik

Materi pada modul ajar ini adalah: Pesan Pokok QS. Al-'Alaq Ayat 1-5.
Dengan tujuan pembelajaran: Menjelaskan pesan pokok QS. al-'Alaq ayat 1-5 dengan benar.
Alokasi Waktu: 2x35 menit.
Gunakan Strategi / Metode Pembelajaran yang dapat menstimulus peserta didik agar aktif dalam pembelajaran. Konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai membuat modul ajar.

Lalu masukkan prompt yang sudah disesuaikan dengan data bapak/ibu sebelumnya. ChatGPT akan meng-generate jawaban yang berisi konfirmasi data modul ajar yang akan dibuat. Jika sudah sesuai dengan keinginan bapak/ibu, maka jawab dengan prompt berikutnya:

Ya, sudah sesuai. Mulai membuat modul ajar.

ChatGPT akan mulai membuat modul ajar.

Materi, Asesmen (Daftar Pertanyaan), dan Lembar Kerja

Selanjutnya, bapak/ibu juga bisa meminta ChatGPT untuk membuat materi, daftar pertanyaan, dan juga lembar kerja yang sesuai dengan modul ajar. Berikut referensi prompt-nya.

Terima kasih. Agar sinkron dengan modul ajar, bantu saya membuat materi dan juga soal-soal yang perlu ditanyakan untuk diskusi. Serta, lembar kerja apa saja yang perlu saya siapkan, dan seperti apa bentuknya?

Nah, modul ajar beserta lampirannya sudah jadi. Bapak/ibu guru tinggal meng-copy jawaban dari ChatGPT ke Word atau Google Doc. Lalu format agar terlihat rapi dan layak untuk diunggah di Pengelola Kinerja di PMM.

Output / Hasil

Output / Hasil dari prompt pada artikel ini bisa bapak/ibu unduh pada link berikut:

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Sekian artikel ini, mudah mudahan bisa mempermudah bapak/ibu untuk membuat/menyusun modul ajar sesuai dengan Target Perilaku di PMM.

Wassalamu'alaikum wr.wb.
Read Also :-
Labels : #Aplikasi ,#ChatGPT ,#Kurikulum Merdeka ,#Modul Ajar ,#Tutorial ,

Posting Komentar