Mudahnya Membuat Soal di Quizizz dengan bantuan Quizizz AI

Mudahnya Membuat Soal di Quizizz dengan bantuan Quizizz AI

 Assalamu'alaikum wr.wb.

Bagaimana kabar bapak/ibu di sekolah? Mudah-mudahan sehat selalu dan diberikan kesehatan.

Bulan ini biasanya banyak anak-anak SD yang sedang berlatih untuk lomba MAPSI. Walaupun bisa dibilang masih awal tahun ajaran baru, tetapi lomba-lomba sudah mulai diselenggarakan. Salah satunya adalah lomba MAPSI (Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islami).

Ada beberapa cabang lomba, yaitu:

1. Lomba Pengetahuan PAI dan BTQ 8. Lomba Seni Khitabah
2. Lomba Praktik Wudu dan Shalat 9. Lomba Seni Macapat Islami
3. Lomba Keterampilan Iqamah dan Salat 10. Lomba Seni Keterampilan Komputer Islami
4. Lomba Seni Tilawatil-Qur'an 11. Lomba Cerita Islami
5. Lomba Hifdzil Qur'an 12. Lomba Seni Menyanyi Duet Lagu Religi Berpasangan
6. Lomba Seni Khat Al-Qur'an 13. Lomba Seni Musik Rebana
7. Lomba Seni Kaligrafi

Dalam artikel ini, akan membahas Mudahnya Membuat Soal di Quizizz dengan bantuan Quizizz AI untuk berlatih Lomba Pengetahuan PAI dan BTQ. Karena soalnya ada 100, maka untuk membuatnya pun membutuhkan waktu, tenaga, dan pikiran yang banyak. Dengan adanya fitur Quizizz AI, kita bisa mempersingkatnya dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya.

Langkah-Langkah


Login ke Akun Quizizz

Buka https://quizizz.com lalu login menggunakan akun Google, Microsoft, atau pilihan kredensial lainnya. Caranya, klik Masuk di bagian kanan atas maka akan muncul halaman login.

Misalnya menggunakan akun Google. Maka klik Continue with Google.

Setelah itu, pilih akun Google yang akan digunakan. Jika bapak/ibu guru belum  memiliki akun, bisa mendaftar terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, langkah-langkah ini bisa dilihat pada gambar berikut.

Tampilan awal Quizizz


Halaman Login Quizizz

Pilih Akun Google yang akan digunakan

Buat Kuis Baru

Setelah berhasil login, klik tombol "Create" yang ada di menu sebelah kiri. Akan muncul 2 pilihan yaitu Quiz dan Lesson. Karena akan membuat soal, pilih yang Quiz. Pada halaman selanjutnya, pilih Generate with AI. Untuk lebih jelasnya, langkah-langkah ini bisa dilihat pada gambar berikut.


Klik Create

Pilih Quiz
Pilih Generate with AI

Masukkan Topik atau Materi yang Diinginkan

Selanjutnya, kita akan mulai membuat soal berdasarkan topik yang diinginkan. Caranya klik Text / Prompt, lalu sesuaikan menu-menu yang ada di halaman terrsebut.

  • Tulis topiknya pada bagian Enter quiz topic name or paste content.... Misalnya Hukum Bacaan Qalqalah
  • Output language: pilih Indonesian agar nanti soal ditulis dalam bahasa Indonesia
  • Number of questions: jumlah soal yang akan dibuat. Bisa pilih Automatic (otomatis), 5, 10, atau 15. Misalnya pilih Automatic.
  • Subject and Grade: ini untuk memilih mata pelajaran dan kelas. Misalnya Subject pilih Religious Studies, Grade pilih 6th Grade.
Jika sudah disesuaikan semua, klik Continue.

Pilih atau Tambah Subtopik

Quizizz AI akan secara otomatis membuat beberapa daftar subtopik yang bisa kita pilih agar nanti muncul di soal. Pilih subtopik yang tersedia dengan cara klik pada nama subtopiknya. Namun jika dari daftar subtopik tersebut kurang mewakili soal-soal yang diinginkan, bapak/ibu guru dapat menambahkannya dengan cara ketik subtopik yang diinginkan di kolom bagian bawah, lalu klik Add topic.

Jika sudah memilih atau menambah subtopik yang sesuai, selanjutnya klik Generate quiz. Untuk lebih jelasnya, langkah-langkah ini bisa dilihat pada gambar berikut.

Generate Quiz

Review dan Edit Soal yang Dihasilkan

Quizizz AI akan memprosesnya menjadi beberapa soal. Tunggu hingga prosesnya selesai.

Tinjau setiap soal yang dihasilkan, apakah sudah sesuai atau belum. Jika belum sesuai, bapak/ibu guru dapat mengubahnya dengan cara klik tombol Edit yang ada di kanan atas di masing-masing soal.

Jika soal yang di-generate masih sedikit, bapak/ibu guru bisa menambahkannya. Caranya, scroll ke bagian bawah, lalu klik Add similar questions (AI). Otomatis akan dibuatkan 3 soal dengan topik yang sama. Tinjau lagi setiap soalnya, jika ingin memasukkan soal-soal ini, klik Save Changes, jika tidak klik Discard. Untuk lebih jelasnya, langkah-langkah ini bisa dilihat pada gambar berikut.


Tombol edit di masing-masing soal

Soal tambahan

Pratinjau Kuis

Sebelum mempublikasikan kuis, bapak/ibu guru bisa melihat pratinjau untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Klik "Preview" untuk mencoba kuis sebagai siswa.

Publikasikan dan Bagikan Kuis

Jika kuis yang telah dibuat sudah sesuai dengan keinginan bapak/ibu guru, klik "Publish". Berikan nama kuis, deskripsi singkat, dan tag (kata kunci) yang relevan. Setelah dipublikasikan, bapak/ibu guru bisa membagikan kuis dengan siswa melalui tautan, kode, atau langsung menambahkannya ke kelas yang terhubung dengan akun bapak/ibu guru.

Menganalisis Hasil Kuis

Setelah siswa menyelesaikan kuis, bapak/ibu guru bisa menganalisis hasilnya melalui Quizizz Reports. Laporan ini akan menampilkan performa siswa sehingga bapak/ibu guru bisa memberikan materi tambahan pada materi yang belum dikuasai siswa.

Contoh Soal

Kesimpulan

Membuat soal di Quizizz dengan bantuan Quizizz AI adalah proses yang sederhana dan efisien. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, bapak/ibu guru dapat membuat kuis yang interaktif dan menarik dalam waktu singkat.

Fitur AI ini sangat berguna bagi guru yang ingin membuat soal berkualitas tanpa harus menghabiskan banyak waktu. Namun, soal-soal yang digenerate AI tidak seratus persen benar sehingga perlu ditinjau kembali agar layak digunakan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai. Mudah-mudahan dapat membantu dalam menyiapkan soal-soal dengan cepat dan berkualitas.

Wassalamu'alaikum wr.wb.
Read Also :-
Labels : #Aplikasi ,#ChatGPT ,#Media Pembelajaran ,#Tutorial ,

Posting Komentar