Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum baru yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2022. Kurikulum ini mengusung paradigma pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa, dengan menekankan pada pengembangan kompetensi literasi dan numerasi.
Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) 1 di Kabupaten Purbalingga kali ini diintegrasikan dengan literasi dan numerasi. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi literasi dan numerasi siswa melalui pembelajaran PAIBP.
Petunjuk Penggunaan
1. Identitas
Isikan identitas yang berkaitan dengan sekolah, guru, dan juga daftar siswa pada Sheet ID.
Identitas |
2. Isi Kunci Jawaban, Skor Uraian, dan KKM/KKTP
Isikan kunci jawaban pada kolom berwarna putih, isikan juga skor maksimal untuk soal uraian dan KKTP (kurikulum merdeka, kelas 1,2,4,5) / KKM (Kurikulum 2013, kelas 3 dan 6). Skor dan bentuk soal pilihan ganda dan pilihan ganda kompleks akan otomatis terisi.
3. Hide Baris yang tidak dibutuhkan
Aplikasi ini menyediakan 40 baris untuk siswa. Jika hanya membutuhkan 25 baris, maka baris ke 26 sampai 40 bisa di-hide agar terlihat lebih rapi.
Ada beberapa catatan yang penting untuk diperhatikan dalam menggunakan aplikasi koreksi ini. Di antaranya yaitu:
1. Kunci Jawaban
Untuk kunci jawaban, disesuaikan dengan bentuk soal, apakah Pilihan Ganda, Pilihan Ganda Kompleks, Isian, maupun Uraian.
a. Pilihan Ganda (PG)
Untuk Pilihan Ganda (PG) bapak/ibu hanya perlu menuliskan hufurnya saja, dengan ketentuan:
Opsi 1=a
Opsi 2=b
Opsi 3=c
Opsi 4=d
dst.
Tulis menggunakan huruf kecil, jangan huruf kapital.
Contoh: jawaban siswa adalah Opsi 3, maka ketik saja c.
b. Lebih dari Satu (LS)
Bentuk soal lebih dari satu, bapak/ibu hanya perlu menuliskan huruf-hurufnya saja dengan ketentuan
Opsi 1=a
Opsi 2=b
Opsi 3=c
Opsi 4=d
dst.
Tulis menggunakan huruf kecil, jangan huruf kapital.
Contoh: jawaban siswa adalah Opsi 1 dan Opsi 4, maka ketik saja ac.
c. Benar Salah (BS)
Bentuk soal Benar Salah, bapak/ibu hanya perlu menuliskan inisial Benar atau Salah, ketentuannya:
b = Benar
s = Salah
Tulis menggunakan huruf kecil, jangan huruf kapital.
Contoh: jika ada 3 pernyataan:
Pernyataan 1= Benar
Pernyataan 2= Benar
Pernyataan 3= Salah
maka bapak/ibu tinggal tulis inisialnya saja, yaitu bbs.
d. Menjodohkan (MJ)
Berbeda dari yang lain, bapak/ibu input kunci jawabannya diakhiri dengan tanda titik (.). Hal ini bertujuan untuk membedakan bentuk soal Lebih dari Satu dengan Menjodohkan. Karena kunci jawaban dengan bentuk soal Menjodohkan harus memperhatikan urutan, tidak boleh terbalik. Adapun ketentuannya sebagai berikut:
Opsi 1=a
Opsi 2=b
Opsi 3=c
Opsi 4=d
Tulis menggunakan huruf kecil, jangan huruf kapital.
Contoh: jika jawaban siswa memiliki urutan opsi 2, opsi 3, opsi 1, opsi 4, maka bapak/ibu input kunci jawabannya bcad. (ada tanda titik di belakang).
e. Bentuk Soal Isian dan Uraian
Untuk bentuk soal isian, bapak/ibu input saja skor maksimal jika jawaban siswa benar. Misalnya untuk isian skor maksimal per soal adalah 1, maka pada kunci jawaban input saja angka 1.
Untuk bentuk soal uraian, bapak/ibu input saja di kolom skor maksimal, tidak perlu input pada kunci jawaban.
2. Input Jawaban Siswa
Untuk input jawaban siswa, formatnya disamakan dengan kunci jawaban. Tetapi untuk menjodohkan berbeda, yaitu tidak perlu memberikan tanda titik di bagian belakang.
Contoh: soal menjodohkan --> jika jawaban siswa memiliki urutan opsi 2, opsi 3, opsi 1, opsi 4, maka bapak/ibu input jawaban siswa adalah bcad (tidak ada tanda titik di belakang).
Download
Download Aplikasi Koreksi ASAS 1 Kelas 4-5 Kurikulum Merdeka berbasis Literasi dan Numerasi pada link berikut: