Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Cara membuat Ranking dengan mudah [Excel]

Microsoft Excel identik dengan pengolahan angka. Menjumlahkan, mengurangi, mengalikan, membagi, hingga membuat perangkingan. Dalam membuat perangkingan, kita bisa menggunakan referensi campuran antara referensi relatif dan referensi absolut (baca: Referensi Relatif, Absolut, dan Campuran).

Misalnya ada sebuah data nilai siswa sebagai berikut.
NO
NAMA
NILAI
RANKING
1
Achirul Amanah Dava Priambodo
70

2
Amri Achdani
82

3
Desi Liyanti
90

4
Destama Ayu Pramuditia
95

5
Destri Rahayuning Lestari
98

6
Fariz Abdul Manan
70

7
Kavin Aziz Manan
78

8
Kirana Farah Kamil
94

9
Luthfi Ibnu Haidar
96

10
Rafif Naufal Musyafa
78


Untuk membuat ranking, kita gunakan fungsi RANK. Cara penggunaannya sebagai berikut.
=RANK(sel acuan; daftar nilai yang akan diranking; urutan).

SEL ACUAN
Ranking untuk Achirul Amanah Dava Priambodo ada di sel E4, sedangkan nilainya ada di sel D4. Sel D4 ini untuk menjadi acuan Achirul nanti ranking berapa.
DAFTAR NILAI
Karena perankingan diambil dari nilai 10 siswa, yaitu dari sel D4 sampai D13, maka daftar nilai diisi dengan D4 sampai D13. Tanda : (titik dua) menandakan jangkauan, misalnya D4:D13 artinya D4 sampai D13. Dalam hal ini D4:D13 merupakan referensi relatif, di mana apabila kita salin formula yang ada di E4, dan ditempelkan ke bawah, maka dia akan mengikuti. Misalnya formula tersebut disalin dan ditempel di E5, maka yang tadinya D4:D13 akan berubah menjadi D5:D14. Sedangkan kita mengambil perangkingan dari nilai 10 siswa yang ada di sel D4:D13. Jadi kita harus mengubahnya menjadi referensi absolut.
Referensi relatif jika diubah menjadi absolut, hanya menambahkan tanda $ (dolar) di depan kolom dan baris (karena di sini kolom dan barisnya dibuat absolut semua). Jadi yang tadinya D4:D13 menjadi $D$4:$D$13.

URUTAN
Urutan diisi dengan angka 0 (nol) apabila diurutkan dari yang paling kecil, dan 1 (satu) apabila akan diurutkan dari yang paling besar. Dalam perankingan, nilai tertinggi menjadi nomor satu, sehingga diurutkan dari yang paling kecil. Jadi pada bagian urutan, kita isi dengan 0 (nol).

FORMULA AKHIR
Sehingga formula pada kolom RANKING menjadi sebagai berikut.=RANK(D4;$D$4:$D$13;0)


Selanjutnya, tinggal kita salin dan tempelkan di kolom RANKING setiap siswa.


Posting Komentar

2 Komentar

  1. alhamdulillah, terimakasih ilmunya min. sangat membantu kami para guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkenan untuk berkunjung. :)

      Hapus