Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Referensi Relatif, Absolut, dan Campuran [Excel]

Sel Referensi adalah sel yang digunakan menjadi rujukan (patokan) bagi sel lain.

REFERENSI RELATIF
Secara umum, sebuah referensi sel merupakan referensi relatif. Artinya referensi itu relatif dengan lokasi dari sebuah sel. Misalnya kamu merujuk ke sel A2 dari sel C2. Ketika kamu menyalin rumus tersebut, referensi juga akan ikut berubah.
Sebagai contoh, jika kamu menyalin rumus =B4*C4 yang berada di sel D4 dan ditempel (paste) di sel D5, maka rumusnya ikut berubah menjadi =B5*C5. Inilah yang disebut sel relatif (disesuakian dengan lokasi sel).







REFERENSI ABSOLUT
Sedangkan sel absolut (mutlak, tetap) merupakan sel referensi yang apabila disalin dan ditempel di sel manapun, tidak akan ikut berubah. Untuk menjadikan sel referensi menjadi absolut, kita bisa menggunakan tanda $ (dolar).
Sebagai contoh, jika kamu menyalin rumus =$B$4*$C$4 yang berada di sel D4 dan ditempel (paste) di sel D5, maka rumusnya tidak akan berubah. Rumusnya akan tetap =$B$4*$C$4.






Jadi tanda $ (dolar) menjadikan alamat sebuah sel menjadi absolut. Misalnya dari sebuah sel $B$4 menjadikan kolom B absolut, dan baris 4 juga absolut. Kita bisa membuatnya dengan cara manual (ketik secara manual tanda dolar) maupun dengan cara menekan tombol F4 untuk beralih dari referensi relatif-absolut ataupun sebaliknya absolut-relatif.

REFERENSI CAMPURAN (ABSOLUT DAN RELATIF)
Kita juga bisa membuat alamat sel hanya kolomnya saja yang absolut ataupun barisnya saja yang absolut.
$B4, berarti kolom B absolut dan baris 4 relatif.
B$4, berarti kolom B relatif dan baris 4 absolut.

Coba isi tabel berikut untuk menguji pemahaman tentang referensi relatif, absolut, dan campuran!
Alamat Sel
Kolom
Baris
$A$1
A absolut
1 absolut
A$1
$A1
A1
A relative
1 relatif

Referensi campuran biasanya digunakan untuk membuat perangkingan. Lihat cara membuat ranking untuk menerapkan referensi campuran.

Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih.

Posting Komentar

2 Komentar