Trik menghemat Kuota di Ponsel Android (Bagian I)

***Suatu pagi di sebuah konter***

Mba Pembeli   : Bang, beli perdana yang udah ada paketannya.
Abang Konter  : Biasanya pakai paketan kuota yang berapa, Mba?
Mba Pembeli   : Yang unlimited biasanya, Bang. Tapi lemot banget. Ada rekomendasi ga, Mas?
Abang Konter  : Ooh.. Pake yang kuota aja, Mba. Cepet. Wuzz.. Wuzz..
Mba Pembeli   : Iya sih cepet.. Tapi kuotanya juga cepet abis kan..
Abang Konter  : Ada triknya kok, Mba. HP Mba Asus kan?
Mba Pembeli   : Iya, Asus Bang. Gimana caranya?

Pertama masuk ke Menu, kemudian buka Asus Mobile Manager.


Kedua pilih Data Usage.


Ketiga pilih Control app data usage.


Keempat hilangkan tanda centang pada setiap aplikasi yang tidak berhubungan dengan internet. 

Mba Pembeli   : Maksudnya, Bang?
Abang Konter : Jadi kalau ada aplikasi yang membutuhkan koneksi internet, biarkan tanda centangnya. Karena kalau dihilangkan, itu artinya aplikasi tersebut diblokir akses internetnya. 
Mba Pembeli   : Ooohh.. Misalnya BBM, Whatsapp, Line, Facebook, Instagram itu ga usah diilangin centangnya ya, Bang?
Abang Konter  : Iya, Mba. Jadi nanti kita masih bisa mengakses sosial media.
Mba Pembeli   : Terus, kenapa aplikasi-aplikasi yang lain diblok akses internetnya, Bang?
Abang Konter  : Biasanya aplikas-aplikasi tersebut banyak iklannya. Jadi tanpa kita sadari, iklan tersebut terus berjalan menggerogoti kuota internet.
Mba Pembeli   : Halah, si Abang. Yaudah, yang mana berarti?
Abang Konter  : Ini aja. Kuota melimpah, harganya bikin berkah.
Mba Pembeli   : Haha.. Si Abang bisa aja.. Yaudah beli dua ya, Bang. Satu buat aku, satu buat suami.
Abang Konter  : *tepok jidat*
Mba Pembeli   : Ini bayarnya. Udah dulu ya, Bang. Makasih udah dikasih tau. :)

0 comments:

Post a Comment