Mempercepat Windows 7 ala Microsoft

Sering kali perangkat komputer kita terasa melamban setelah beberapa waktu digunakan. Banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut dikarenakan virus yang menginfeksi perangkat komputer sehingga kinerjanya pun menjadi lamban. Memang virus adalah salah satu yang bisa menjadi penyebab melambannya komputer. Tetapi, ada juga hal lain yang bisa menjadikan komputer kita menjadi lamban.

Pada postingan kali ini, HDku akan memberikan beberapa tips untuk merawat komputer kita (yang menjalankan operasi Windows 7 agar kinerjanya tetap bertahan seperti pada saat setelah diinstal.

Batasi Program (Software/Aplikasi) yang berjalan pada saat komputer dihidupkan

Ada banyak aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika kita menyalakan komputer. Berjalannya program-program tersebut bisa kita batasi, sesuai dengan kebutuhan kita. Berikut langkah-langkahnya:
1. Klik Start, kemudian tuliskan System Configuration, dan klik System Configuration. Maka akan muncul seperti gambar di bawah ini.


2. Klik pada Startup, kemudian silakan hilangkan tanda centang pada aplikasi yang ingin dibatasi agar tidak berjalan secara otomatis pada saat komputer pertama kali dihidupkan.

Hapus, Hapus, Hapus

Install-an baru, kinerja cepat. Dalam hal ini, yang dimaksud adalah apabila install-an baru (aplikasi masih sedikit) akan mempengaruhi kecepatan kinerja komputer kita. Untuk itu, silakan hapus (uninstall) aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan, atau bahkan tidak kita butuhkan sama sekali. Untuk menghapusnya, lakukan langkah-langkah berikut.
1. Klik Start, kemudian Control Panel.


2. Di bawah Programs, klik Uninstall a program. (Jika tidak ada pilihan tersebut, silakan ubah tampilan  di pojok kanan atas pada View by, pilih Category.
3. Klik aplikasi yang ingin dihapus, dan pilih Uninstall.

Jalankan sedikit aplikasi secara bersamaan

Jika komputermu melamban, silakan periksa apakah kamu menjalankan terlalu banyak aplikasi sehingga RAM (Random Access Memory) menjadi penuh. Karena semakin banyak aplikasi yang dijalankan secara bersamaan, maka RAM akan semakin penuh  dan berpengaruh pada kecepatan kinerja komputer

Memanfaatkan fasilitas "ReadyBoost"

Microsoft menghadirkan fitur baru pada Windows 7, yaitu ReadyBoost. ReadyBoost membantu kamu untuk menambah RAM agar lebih besar sehingga dapat menjalankan lebih banyak aplikasi secara bersamaan tanpa khawatir melambannya kinerja komputer. Penambahan RAM ini bersifat sementara, karena kita dalam hal ini yang kita butuhkan adalah Flashdisk. Jadi RAM tersebut akan bertambah besar ketika Flashdisk tertancap pada komputer, tentunya setelah diatur terlebih dahulu. Berikut cara mengaturnya.
1. Tancapkan Flashdisk pada komputer.
2. Setelah ditancapkan, maka akan muncul kotak dialog Autoplay. Pada kotak dialog Autoplay, silakan klik Speed up my system.


3. Setelah itu, klik ReadyBoost. Pilih Use this device, kemudian atur seberapa besar RAM yang akan kita tambahkan. Misalnya HDku akan menambahkan sebesar 1500MB atau sekitar 1,5 GB.


4, Langkah terakhir adalah klik OK.

Minimalisir penggunaan Visual Effects

Visual effects sebenarnya tidak terlalu penting bagi kamu yang lebih mengedepankan kecepatan kinerja daripada penampilan. Visual effects berfungsi untuk mempercantik tampilan komputer, seperti misalnya transparansi, animasi windows, dll. Hal ini bisa kita nonaktifkan yaitu dengan cara berikut ini.
1. Klik Start, tuliskan Performance Information and Tools, kemudian klik Performance Information and Tools.
2. Klik Adjust Visual Effects.
3. Di sini kita bisa memilih efek visual apa saja yang ingin kita nonaktifkan yaitu dengan cara menghilangkan tanda centang pada efek visual tersebut. Atau kalau kamu tak ingin ribet, pilihlah Adjust for the best performance, maka secara otomatis Windows 7 akan menonaktifkan efek visual yang mengganggu performa atau kinerja komputer.


4. Langkah terakhir yaitu klik OK.

Bagaimana, tertarik mencoba? Penasaran dengan hasilnya? Silakan mencoba!

Sumber: Speed up Windows 7

0 comments:

Post a Comment