Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Shortcut pada Windows yang Sering HDku Gunakan

Pada kesempatan kali ini, HDku akan membagikan shortcut-shortcut (jalan pintas) yang sering HDku gunakan. HDku lebih suka menggunakan jalan pintas pada keyboard karena menggunakan mouse akan sedikit memakan waktu terutama ketika kita akan menjangkau tujuan yang akan kita klik. Selain itu, HDku juga lebih sering berinteraksi dengan keyboard (tukang ketik, hehe) daripada mouse. Walaupun keduanya juga sering tersentuh.

Baik, kita lanjut. Beberapa jalan pintas yang sering HDku gunakan adalah:
1. Alt + Spasi
Kombinasi tombol ini berfungsi untuk memunculkan menu di Title bar. Kita bisa mencobanya ketika ada jendela yang sedang aktif (mis. Windows Explorer).  Setelah kita menekan kombinasi tombol tersebut, maka akan muncul menu pada Title bar di pokok kiri atas. 



Pada menu yang muncul ada beberapa pilihan. Pilihan yang biasa muncul antara lain:
- Restore
- Move
- Size
- Minimize
- Maximize
- Close
Untuk mengakses menu-menu tersebut, kita bisa gunakan huruf yang diberi garis bawah. Misalnya pada menu Close, huruf yang digaris bawah adalah huruf C. Maka untuk close atau menutup jendela bisa menggunakan Alt + Spasi, kemudian tekan huruf C pada keyboard. Begitu juga dengan yang lainnya.

2. Win Logo + E
Ini digunakan untuk membuka Windows Explorer

3. Alt + Tab
Kedua tombol ini biasa HDku gunakan untuk berpindah antar jendela yang sedang dibuka.



4. Backsapce
Tombol ini HDku gunakan untuk menggantikan klik 'back' ketika kita berada di Windows Explorer.

5. Alt + Enter
Alt dan Enter HDku gunakan untuk membuka jendela Properties, entah itu properties dari sebuah file, beberapa file, atau bahkan folder.




Posting Komentar

0 Komentar