Ad Code

Ticker

6/recent/ticker-posts

Jalan Pintas (Shortcut) pada Windows yang Jarang Digunakan

Sebenarnya banyak Jalan Pintas (Shortcut) pada Windows yang mungkin belum kita temukan. Nah, kali ini HDku akan membagikan beberapa jalan pintas yang pernah HDku temukan -entah sengaja atau tidak- pada Windows.


1. Start + Nomor

Kombinasi tombol ini digunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang ikonnya telah ada di taskbar. Dengan menekan tombol Start dan nomor pada keyboard, aplikasi tersebut akan segera terbuka.

Untuk urutan nomor, bisa dilihat gambar berikut:


Nomor:
1. Merah
2. Hijau
3. Biru
4. Jingga
5. Ungu
6. Putih

Misal kita akan membuka Windows Explorer / File Explorer, maka kita tekan Start + 2 karena Windows Explorer berada di urutan ke-2. Dan begitu seterusnya.

2. Shift + Tab

Seperti yang kita ketahui, tombol Tab yang ada pada keyboard digunakan untuk berpindah ke kanan. Tapi ternyata Tab juga bisa kita gunakan untuk berpindah ke kiri, yaitu dengan tambahan menekan tombol Shift. Silakan dicoba.

3. Shift + Enter

Sama halnya dengan Tab, Enter yang biasanya digunakan untuk berpindah ke bawah -seperti di Excel- ternyata bisa juga digunakan untuk berpindah ke atas yaitu dengan tambahan menekan tombol Shift.

4. Spasi untuk Tanda Cek

Selain untuk membuat spasi, tombol ini juga bisa kita gunakan untuk memberi tanda cek dan unchek pada suatu pilihan. Misalnya kita akan memberikan tanda cek pada pilihan Auto-hide the taskbar di jendela Taskbar and Navigation properties.

Sebelumnya aktifkan jendela tersebut, tekan Tab beberapa kali sampai border putus-putus mengelilingi tulisan Auto-hide the taskbar. Setelah itu, kita tinggal menekan Spasi untuk memberikan tanda cek / centang pada pilihan tersebut.


Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

2 Komentar

  1. aku sering menggunakannya. Soalnya nggak punya mouse portable.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..
      iya..
      kalau saya lebih suka karena lebih cepat dibandingkan dengan mouse.. :)

      Hapus